Wisata Alam Menakjubkan di Air Terjun Madakaripura

- in GAYA HIDUP, WISATA
0

Inawarta.com – Air terjun Madakaripura merupakan satu dari sekian banyak air terjun terkenal di Indonesia. Berbeda dengan air terjun pada umumnya, di kawasan ini anda bisa mendapati nilai sejarah yang begitu kental. Air terjun tertinggi kedua di Indonesia ini dikenal sebagai tempat terakhir Mahapatih Gadjah Mada dalam menghabiskan sisa hidupnya. Dengan sejarah besarnya ini tak heran jika pamor air terjun ini kian melejit. Ditambah lagi pemandangan alam disekitarnya yang memukau.

Sebagai air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan kedua tertinggi di Indonesia, anda bisa menjumpai pemandangan air terjun yang menakjubkan. Air yang terjun akan melewati celah batuan yang menjulang tinggi. Kejernihan airnya sangat terlihat. Ditambah lagi terdapat goa yang dulunya digunakan Patih Majapahit ini untuk bertapa sehingga panorama alamnya kian mengagumkan. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk destinasi wisata Air Terjun Madakaripura.

Wisata Air Terjun Madakaripura

Sejarah air terjun

Menurut penduduk sekitar, penamaan Madakaripura berarti “tempat terakhir” yang berkaitan erat dengan Maha Patih Gadjah Mada. Patih legendaris ini menghabiskan akhir hayatnya di lokasi ini. Sampai saat ini Air Terjun Madakaripura begitu terkenal hingga mampu menarik minat wisatawan luar negeri. Jadi selain berlibur menikmati keindahan alam, kita bisa napak tilas sejarah sekaligus dengan berkunjung ke tempat wisata alam ini.

Keindahan air terjun

Pemandangan air terjun setinggi 200 meter ini begitu berbeda dengan air terjun pada umunya. Air yang terjun melewati batuan alam yang mengelilingi kawasan. Dibalik air terjun juga terdapat goa yang juga bisa kita eksplorasi untuk menambah pengalaman liburan. Jika ingin memasuki goa tersebut, anda mesti melewati kolam airnya yang seluas 25 meter. Untuk kedalaman kolam sendiri sekitar 7 meter sehingga wisatawan juga mesti hati-hati jika ingin berenang di kolam tersebut.

Harga tiket dan jam buka

Air terjun tertinggi di Pulau Jawa ini bisa anda sambangi setiap hari mulai pukul 08.00-19.00 WIB. Jam bukanya terbilang cukup panjang sehingga wisatawan bisa menikmati setiap keindahan tempat wisata secara leluasa. Sebagai tips, anda mesti datang pada pagi atau sore hari. Pasalnya udara di dua waktu tersebut sangatlah sejuk dan cuacanya juga tidak terlalu terik. Untuk tiket masuknya sekitar 3.000 rupiah per orang. Untuk tiket parkirnya sendiri sekitar 2.000 rupiah untuk motor dan 5.000 rupiah untuk mobil.

Lokasi

Air terjun setinggi 200 meter ini berada di Dusun Branggah, Desa Negorejo, Kecamatan Lumbang, Probolinggo. Anda bisa menempuh perjalanan dari Malang atau Probolinggo dengan menaiki bus ke arah Tomang. Kemudian perjalanan bisa dilanjutkan dengan angkutan kota yang langsung mengarah ke lokasi. Sesampainya di pintu area parkit, anda mesti berjalan sekitar 1 km melewati jalan setapak. Karena lokasinya yang cukup terjal, pengunjung diharapkan menyewa jasa pemandu dengan tarif sekitar 50 ribu rupiah.

Fasilitas

Fasilitas air terjun tertinggi kedua di Indonesia ini cukup memadai. Anda bisa mendapati warung di sekitar lokasi sehingga tidak perlu khawatir sulit mencari makanan. Ada juga kamar mandi yang sudah dikelola dengan baik. Disekitar kawasan juga terdapat beberapa penginapan dengan tarif cukup terjangkau. Untuk tempat parkirnya juga sudah dikelola baik. Tersedia tempat bersantai hingga musholla yang semakin mendukung ketersediaan fasilitasnya.

Itu dia review mengenai Air Terjun Madakaripura yang bisa menjadi rekomendasi tempat liburan seru anda dan keluarga. Semoga bermanfaat.

About the author

Penulis utama https://inawarta.com/ bergerak secara independen menyajikan berita terbaru, terupdate dan teraktual bagi Indonesia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may also like

5 Bahaya Kurang Tidur Bagi Kesehatan

Inawarta – Tidur merupakan suatu kegiatan istirahat yang harus